3 Jenis Herbal untuk Penyakit Batu Ginjal atau Kencing Batu

By | December 16, 2017

Batu Ginjal atau kadang dikenal juga dengan sebutan Kencing Batu adalah kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu. Penderita penyakit ini dapat merasakan sakit saat berkemih bahkan bisa mengeluarkan urine yang mengandung darah dikarenakan infeksi atau luka akibat gesekan batu ginjal dengan saluran ureter.

Berikut ini adalah 3 jenis herbal yang relatif mudah didapat dan setelah melalui penelitian dipercaya bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal atau kencing batu:

1. Asparagus

asparagusTanaman ini bisa ditemukan di banyak supermarket dan banyak disajikan di restoran sebagai masakan tumisan. Asparagus memiliki senyawa asparagin yang bisa berfungsi untuk memecahkan batu ginjal sehingga memudahkan batu ginjal keluar melalui kandung kemih. Asparagus bisa dikonsumsi dengan ditumis atau dilalap setiap hari untuk kesehatan dan pengobatan batu ginjal.

 

2. Daun Alpukat

daun alpukatBanyak yang belum mengetahui bahwa daun alpukat bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal atau kencing batu. Daun alpukat memiliki kandungan senyawa dan juga mineral-mineral yang dapat memecahkan batu ginjal sehingga memudahkan batu ginjal keluar melalui kandung kemih disamping juga mampu mengobati terjadinya radang ginjal.
Cara mengobati batu ginjal atau kencing batu dengan daun alpukat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan dan cuci bersih 10 lembar daun alpukat.
  • Rebus dengan empat gelas air hingga mendidih.
  • Teruskan hingga hanya tersisa dua gelas.
  • Minum air rebusan tersebut dua kali sehari, pagi segelas dan malam segelas.

 

3. Daun Meniran

daun meniranDaun meniran juga dipercaya dapat digunakan untuk penyakit batu ginjal atau kencing batu dengan memecah batu ginjal agar mudah keluar melalui kandung kemih.
Cara mengobati batu ginjal atau kencing batu dengan daun meniran adalah sebagai berikut:

  • Siapkan dan cuci bersih 8 lembar daun meniran yang berwarna hijau sampai bersih.
  • Blender daun meniran tersebut dengan segelas air hingga lembut.
  • Tuang and saring ampas hasil blender daun meniran tersebut ke dalam gelas.
  • Minum sari daun meniran tersebut dua kali sehari.

Salah satu penyebab terjadinya Batu Ginjal atau Kencing Batu adalah kurangnya minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup dalam pengobatan ini agar memudahkan luruh dan keluarnya batu ginjal melalui saluran kemih. Kurang mengkonsumsi air putih dapat menyebabkan pengobatan menjadi tidak efektif dan menyulitkan pecahan batu ginjal untuk keluar melalui urine.

Silakan share artikel ini melalui media sosial anda melalui ikon media sosial yang ada di bawah artikel ini bila dirasa bermanfaat.

Silakan tulis komentar anda di bawah ini bila memiliki pengalaman mencoba herbal dalam artikel ini untuk penyakit batu ginjal atau kencing batu.

Bagikan artikel ini...Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *